Kamis, 10 September 2009

pertekom

INTERNET

Pada tahun 1969 internet digunkan untuk tinjauan riset di Departemen Pertahanan Amerika yang bernama Arpanet. pada awalnya terdiri dari beberapa jaringan komputer kecil, jaringan komputer itu sendiri adalah beberapa komputer yang dihubungkan oleh kabel dalam satu lokasi.

jaringan ini berfungsi agar pengguna komputer dapat bertukar informasi dengan pengguna komputer lainnya.

tahun 1970 internet banyak digunakan di universitas-universitas di Amerika da berkembang pesat sampai saat ini. agar pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang dipakai di internet. namanya TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol).

tahun 1971 Arpanet baru terdiri dari 15 titik jaringan (nodes) dengan 23 host (server induk), dan yang bisa digunakan saat itu adalah elektronik mail atau e-mail.

angka host nya berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi maka tahun 1990 Arpanet berganti nama menjadi internet.

Kemudian tahun 1973 Internet bukan lagi sekedar jaringan yang meliputi Amerika dan Eropa, tapi sudah meliputi seluruh bagian dunia, termasuk Indonesia.

Internet saat ini

Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Saat ini semua orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Internet juga dapat digunakan untuk berkomunakasi seperti telepon dengan teknik 'chat'.


KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan..

Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, merupakan komputer awal AS yang didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan.

Saat ini :

saat ini komputer digunakan untuk mengotomatiskan banyak koleksi data yang selama ini dikerjakan oleh manusia. dan dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk menganalisa. bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan komputer kecil untuk menyelesaikan tugas.

PC menjadi populer untuk mengerjakan tugas, menulis, dan mencetak dokumen.

Dengan perkembangan yang sangat pesat, komputer sekarang digunakan untuk berbagai macam aktivitas, seperti mendengarkan musik, mengerjakan tugas, menyimpan data, penggunaan internet, bermain game, dan membuat suatu program.


RADIO

Pada awalnya, gelombang elektromagnetik ditemukan terlebih dahulu oleh James Clerk Maxwell. Lalu dikembangkan dan ditemukan alat komunikasi yang dinamakan radio. Penggunaan awal radio adalah untuk mengrimkan pesan telegraf dengan menggunakan kode Morse oleh Maritim, antara kapal dan darat.

Saat ini :

Pada perkembangannya, radio dapat digunakan untuk kepentingan umum. Seperti promosi, film, iklan, dll. Siaran pertama kali dimulai pada tahun 1920-an yang dipelopori oleh Amerika Serikat dan Eropa. Bentuk radio sudah banyak dimodifikasi, contohnya: jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak di segala jenis, dan juga penyiaran radio.


TELEVISI

Televisi berawal dari ditemukannya sebuah gelombang elektromagnetik, yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday. Istilah Televisi pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik. Televise pada zaman tersebut hanya berwarna hitam dan putih saja, dan tidak dapat mengluarkan suara. Hanya gambar yang bergerak.

Saat ini :

Pada perkembangannya, televisi memiliki layer berwarna dan dapat mengeluarkan suara. Bahkan sekarang ini, telah dikembangkan siaran televisi dapat dilihat di internet dan dan dapat dikontrol dengan suara manusia.

dampak pertekom pada budya kita

Kemajuan teknologi memang sangat membantu khususnya di bidang perindustrian dan sektor ekonomi. Akan tetapi kemajuan akan memberikan dampak kepada aspek- aspek lain baik itu langsung maupun tidak langsung. Suatu interaksi akan menghasilkan pesan yang dapat kita sebut sebagai kegiatan komunikasi. Dan sebenarnya perkembangan teknologi sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap efesiensi dalan berinteraksi. Jika dihubungkan dengan aspek budaya, kemajuan teknologi memudahkan tiap individu untuk berkomunikasi. Contohnya saya yang memiliki teman duta wisata di seluruh nusantara. Dengan cara menelefon by phone dan via- internet , saya bisa menjalin kontak dengan mereka tiap harinya. tanpa harus saya bertatap muka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar