Minggu, 25 April 2010

Study kasus tentang program sinetron di televisi

Faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi massa
Program sinetron di televisi
APengantar
Banyak tayangan televisi yang ada saat ini, mulai dari program yang di tayangkan khusus anak-anak, remaja , hingga orang tua.
Sebagai alat media massa yang dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, di harapkan juga tayangan televisi dapat menjadi alat yang mampu memberikan kepuasan bagi semua orang yang menyaksikannya
Namun saat ini, tayangan televisi terutama sinetron lebih condong ke arah percintaan remaja dari pada ke arah yang mendidik. Oleh sebab itu tayangan televisi di harapkan lebih selektif dalam hal membuat program tayangan bagi masyarakat.

Secara umum komunikasi massa bisa di artikan sebagai komunikasi yang menggunakan media massa untuk menyampaikan pesan kepada orang lain, baik melalui media cetak maupun electronic. Dalam perkembangannya media massa dapat mempengaruhi orang yang menyaksikan lewat adegan yang terdapat dalam program televisi tersebut.

Contoh tersebut merupakan betapa kuatnya program televisi untuk mempengaruhi seseorang yang melihat tayangannya, mengenai hal ini bauer mengunkapkan dalam schram dan Roberts, 1997:345.
Bahwa media massa berpengaruh, tetapi pengaruh ini di saring, diseleksi, bahkan mungkin ditolak sesuai dengan faktor-faktor personal yang mempengaruhi reaksi mereka
Contoh:
Adegan kekerasan dalam televisi dapat mengilhami seseorang yang sedang dongkol untuk menyerang musuhnya.
Berbicara mengenai reaksi khalayak terhadap media massa, menurut, elihul katz, jay G.blumler, and michael gutevitch merumuskan asumsi-asumsi dasar teori. Yaitu :
Khalayak dianggap aktif
Dalam proses komunikasi massa banyak inisiatif untuk mengaitkan pemuasan kebutuhan dengan pemilihan media terletak pada anggota khalayak
Media massa harus bersaing dengan sumber-sumber lain untuk memuaskan kebutuhan masyarakat
Banyak tujuan pemilihan media massa
Penilaian tentang arti kultural dari media massa

BPermasalahan
Pada kasus seperti ini, masalah yang erat kaitannya dengan reaksi khalayak dengan media massa adalah masyarakat sering menirukan adegan yang terdapat dalam film, karena televisi merupakan media massa yang memberikan informasi terhadap khalayak dengan cara menyampaikan pesan secara tidak langsung yaitu dengan cara adegan yang dilakukan oleh pemainnya.
Menurut Amirul mukminun S.S, salah seorang guru di Sd Khadijah pandegiling mengungkapkan bahwa tayangan televisi saat ini kurang mendidik generasi muda saat ini, di akibatkan banyak film yang mengutamakan tema percintaan terutama sinetron dari pada tayangan yang mengutamakan pendidikan.
Menurut saya program tayangan di TV seharusnya mengutamakan tentang pendidikan. Lebih jelasnya mengutamakan hal-hal yang bisa membuat seorang anak lebih termotivasi untuk belajar, karena kita tahu bahwa tayangan di TV banyak sekali program yang mengutamakan tema-tema percintaan khusunya sinetron”. Ungkap laki-laki yang menjabat sebagai guru SD tersebut.
Namun ketika saya pertanyakan lagi tayangan seperti apa yang alayak untuk di tayangkan di televisi, laki-laki asal Surabaya tersebut menyatakan bahwa hal yang lebih baik di tayangkan ole TV adalah hal-hal yang berbau mendidik, seperti Laptop si Unyil, karena program sperti itu dapat menambah wawasan dan ilmu bagi yang menyaksikannya” ujarnya.
Berbeda dengan seorang ibu rumah tangga yang bernam ibu Sri, dia merupakan seorang perempuan yang sangat suka menyaksikan program TV, terutama Sinetron. Menurut dia sah-sah aja kita melihat tayangan sinetron tersebut, menurutnya boleh kita melihat tayangan tersebut tapi kita harus memilah tingkah laku yang baik untuk ditiru.
“boleh atau tidaknya menonton tayangan sinetron, itu dari sisi mana kita memandangnya, semoga kita bisa mengambil sesuatu yang positif dari tayangan tersebut(rosyid)
Peristiwa diatas tersebut memang bukanlah sebuah komunikasi secara langsung. Namun proses komunikasi adalah inisiatif untuk mengaitkan pemuasan kebutuhan dengan media terletak pada khalayak.
dalam menganalisa peristiwa tersebut, seorang psikologi komunikasi akan menggunakan pendekatan yang berbeda sesuai dengan faktor-faktor personal yang mempengaruhi reaksi mereka.
CSolusi
Seharusnya program tayang sinetron yang lebih banyak mengangkat tema Percintaan remaja di tayangkan waktu pagi hari di saat anak-anak sekolah dan boleh ditayangkan kembali saat malam hari disaat jam tidur sekitar pukul 21.00-22.00

DReferensi
Rahmat, jalaludin.2005.psikologi komunikasi. Bandung: PT.Remaja rosdakarya
Sendjaja,s djuarsa.1994.teori komunikasi.____.Universitas terbuka
Sujanto, agus.2006. psikologi umum. Jakarta: Bumi aksara
Pengantar psikologi Rita Latkinson dan Richard C. Atkinson, University of California, San Diego
Much.rosyidin, wawancara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar